Senin, 02 Mei 2011

Harga dan Spesifikasi BlackBerry Curve 8530 Terbaru CDMA AHA Fitur Murah dengan Kecepatan Tinggi

Harga dan Spesifikasi BlackBerry Curve 8530 Terbaru CDMA AHA Fitur Murah dengan Kecepatan Tinggi - Ponsel BB - AHA (affordable hyper-speed access) mengejutkan pasar dengan menghadirkan layanan BlackBerry berbasis code division multiple access (CDMA) di Indonesia. Hal itu ditandai dengan dirilisnya perangkat BlackBerry Curve 8530 di Jakarta. Dengan demikian, AHA menjadi operator ketujuh yang menyediakan layanan BlackBerry. Baca juga Harga Terbaru iPhone 4 Putih 2011 "iPhone4" akan tersedia di hampir 30 negara dan wilayah.

Sebagai pemain baru, tugas AHA cukup berat. Bakrie Connectivity (BConnect) sebagai pemegang merek AHA harus berkompetisi dengan operator-operator raksasa sekaliber Telkomsel, Indosat, dan XL, yang lebih dulu menguasai pasar BlackBerry di Tanah Air.

Namun, BConnect mengaku optimistis. Meski perangkat BlackBerry Curve 8530 adalah satu-satunya senjata untuk masuk ke arena "perang BlackBerry", AHA mengandalkan kecepatan dan harga yang murah. Sebab itu, kali ini VIVAnews.com ingin membuktikan seberapa andal smartphone tersebut.

Fisik, Desain, dan Spesifikasi BlackBerry Curve 8530

Secara fisik, BlackBerry Curve 8530 sama persis dengan BlackBerry Curve 8520 atau dikenal dengan BlackBerry Gemini. Keduanya memiliki panjang 10,9 sentimeter (cm), lebar 6 cm, tebal 1,3 cm, dan berat 106 gram. Material dan bentuk keypad Qwerty-nya pun tak ada yang berbeda.

Sama halnya dengan Gemini, BlackBerry Curve 8530 pun tidak memiliki trackball. Sebagai gantinya, Research In Motion (RIM) menyematkan optical trackpad yang sensitif atas sentuhan jari, yang ditemani dengan tombol Call/Dial, End/Power, Menu, dan beberapa tombol multimedia di sisi atas.

Pada sisi kirinya, RIM menempatkan port microUSB yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai atau mentransfer data via kabel. Lalu, terdapat pula jack stereo 3,5 mm dan shortcut untuk voice commander. Sementara itu, di sisi kanan akan ditemukan tombol volume +/-, shortcut untuk kamera, dan microphone.

Susunan keypad Qwerty-nya sama persis dengan BlackBerry Javelin, hanya relatif lebih keras seperti BlackBerry Gemini. Ia memiliki layar TFT 65.000 warna sebesar 2,4 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel, resolusi yang cukup untuk sebuah smartphone.

Selain itu, perbedaan terdapat pada kinerja prosesor. Kalau Gemini memiliki prosesor berkemampuan 512 MHz, Curve 8530 mempunyai prosesor lebih bertenaga, yakni 528 MHz.

Sebagai layanan nilai tambah, pelanggan dapat melakukan telepon dan SMS ke semua pengguna AHA dan Esia gratis seumur hidup. Pelanggan juga berhak mendapatkan layanan full BIS (e-mail, browsing, IM) secara gratis selama paruh tahun pertama.

Begitu pun layanan unduh ribuan lagu lokal dan barat asli di aplikasi AHAvibe. Pelanggan dapat memilih 3 paket BIS yang diinginkan, meliputi paket harian seharga Rp5.000, mingguan Rp30.000, dan bulanan Rp99.000.

Berikut sepintas fitur dan spesifikasi BlackBerry Curve 8530:

BlackBerry Curve 8530
Dimensi dan berat 10,9 x 6 x 1,3 cm
106 gram
Layar TFT, 65.000 warna
Ukuran layar 2,4 inci, 320 x 240 piksel

- QWERTY keyboard
- Touch-sensitive optical trackpad
Memori 256MB (ROM)
microSD up to 32GB
Konektivitas 3G Rev. A up to 3,1 Mbps
Wi-Fi 802.11 b/g
Bluetooth v2.1
microUSB v2.1
Kamera 2 MP, 1600 x 1200 piksel
Video Ada
OS BlackBerry OS 5.0
CPU 528 MHz processor
Radio Tidak ada
Browser HTML
GPS Ada, A-GPS support
Fitur - BlackBerry maps
- MP3/eAAC+/WMA/WAV player
- MP4/H.263/H.264/WMV player
- Organizer
- Document viewer
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input
Baterai Li-ion 1150 mAh

Hingga 252 jam (standby)
Hingga 4 jam 30 menit (talktime)
Harga Rp2,2 juta (belum termasuk PPn)
*untuk 500 pelanggan Esia pertama
Rp3,8 juta


Kinerja BlackBerry Curve 8530

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa nomor telepon yang dibenamkan pada BlackBerry Curve 8530 melalui sistem injeksi, bukan kartu SIM/UIM. Sehingga, untuk mengaktifkannya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, mendatangi Gerai Esia terdekat terlebih dahulu. Jika sudah memiliki nomor Esia atau AHA, Anda cukup meminta petugas di Gerai Esia untuk migrasi nomor tersebut ke handset BlackBerry.

Kedua, Anda bisa menggosok PIN Suka-Suka yang terdapat di dalam kotak BlackBerry AHA. Lalu, masukkan ICCID (19 digit angka yang tersedia) dan PIN (4 digit angka yang tersedia) pada website Nomor Suka-Suka.

Pertama-tama, kami menguji coba fungsi dasar telefoni BlackBerry Curve 8530. Layanan suara (telepon) dan teks (SMS) berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Suara relatif jernih, dan pesan teks jarang bermasalah. Namun, sangat terpengaruh oleh kekuatan sinyal di wilayah sekitar Anda.

Menariknya, kami dapat melakukan telepon dan SMS ke semua pengguna AHA dan Esia gratis sepuasnya lantaran AHA menggratiskannya seumur hidup. Pelanggan juga berhak mendapatkan layanan full BIS (e-mail, browsing, IM) secara gratis selama paruh tahun pertama.

Untuk layanan data bergerak, kami akui kecepatan akses data BlackBerry AHA cukup cepat, meski terkadang akses Internet kerap terputus di wilayah-wilayah tertentu. Umumnya karena wilayah tertentu itu tidak terjangkau penuh pancaran BTS. Namun, secara umum, jangkauan AHA merata.

Tebet, Jakarta Selatan Lokal 120/50 kbps, Internasional 120/80 kbps
Kelapa Gading, Jakarta Timur Lokal 100/90 kbps, Internasional 120/40 kbps

BlackBerry Gemini putih seharga Rp 3,4 jutaPelanggan juga dimungkinkan untuk menikmati kuota 1GB dengan kecepatan hingga 3,1 Mbps selama sebulan pertama. Sehingga, pelanggan dapat menikmati video streaming YouTube tanpa buffering.

Namun, sebelum menikmati akses Internet, pelanggan perlu mengaktifkan paket BlackBerry Internet Service AHA yang terbagi ke dalam tiga paket, meliputi harian (1 hari) Rp5.000, mingguan (7 hari) Rp30.000, dan bulanan (30 hari) Rp99.000. Pelanggan cukup mengunjungi website www.AHA.co.id/login untuk memilih paket BIS yang diinginkan.

Terkait layanan e-mail dan BlackBerry Messenger, kami tidak menemui kendala berarti. Hampir semuanya berjalan dengan semestinya. Aktivitas mengirimkan gambar dan video juga relatif lancar. Untuk menambah aplikasi, pelanggan bisa mengunduhnya di BlackBerry App World. Koneksi selama mengunduh sejumlah aplikasi ringan seperti RSS Feeder, LoveIndonesia, cukup stabil.

Kelebihan Hp BlackBerry Curve 8530:
- Koneksi Internet secara umum cepat dan stabil, terutama di kota-kota yang dijangkau area AHA EVDO.
- Gratis telepon dan SMS sesama pengguna Esia dan AHA seumur hidup.
- Dapat menikmati video streaming YouTube tanpa buffering selama sebulan pertama.

Kekurangan Ponsel BlackBerry Curve 8530:
- Meski cepat, koneksi masih kerap terputus di daerah-daerah tertentu.
- Keypad Qwerty keras dan kurang empuk.
- Sedikit repot untuk migrasi nomor Esia lama lantaran harus mengantre di Gerai Esia.

vivanews.com

Keyword:
Blackberry Curve 8530, Spesifikasi Harga Blackberry Curve 8530, Hp Blackberry Terbaru 2011, Blackberry Curve 8530 CDMA, AHA, Fitur Blackberry Curve 8530 Lengkap, BB Murah Kecepatan Tinggi, Daftar Harga Blackberry Terbaru 2011, Kecepatan Internet Blackberry Curve 8530, Hyper Speed Internet, Akses Internet High Speed, Daftar Paket AHA, Bakrie Connectivity (BConnect)

0 komentar:

Poskan Komentar